Bahasa Indonesia

English

Visi Misi

visi

Menjadikan Departemen Teknik Kelautan FTK ITS lembaga pendidikan tinggi rekayasa kelautan bertaraf internasional yang menjadi rujukan asia tenggara

Visi Tersebut dijalankan dengan misi-misi strategis yang juga mendukung oleh tenaga pendidik professional untuk menhasilan mahasiswa dan generasi muda yang berbudi luhur, kompeten, sehat, bermutu, inovatif, Produktif, tanggung jawab dan tanggap terhadap perkembangan masalah yang ada dimasyarakan sekitar maupun global. Juga diharapkan dapat membawa perubahan orientasi pembangunan nasional Indonesia kearah pendekatan bahari sehingga wilayah laut dapat dikelola secara professional dan proporsional serta senantiasa diarahkan pada kepentingan asasi bangsa Indonesia

misi

Untuk mencapai visi di atas, maka JTK, harus mampu melaksanakan kewajibankewajibannya sebagai lembaga pendidikan tinggi. Pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) merupakan kewajiban dasar yang harus dilakukan demi pertumbuhan ilmu, pengetahuan khususnya ilmu rekayasa kelautan dan manfaatnya untuk pembangunan nasional.

Untuk itu maka pendidikan harus dilaksanakan dengan berlandaskan moral dan budaya bangsa Indonesia dengan penguasaaan teknologi yang sesuai sehingga lulusan yang dihasilkan dapat mengembangkan ilmunya serta dapat memenuhi keperluan bangsa di masa kini maupun di masa depan yang mampu bersaing dalam taraf internasional dan menjadi rujukan di Asia Tenggara.

Oleh karena itu program pendidikan harus disusun berdasarkan perkembangan dan kemajuan masyarakat maupun IPTEK. Mahasiswa harus dibekali dengan ilmu dasar rekayasa serta ilmu dasar keahlian dan terapannya yang tercermin dalam kurikulum pendidikan yang fleksibel dan ditingkatkan kesempurnaannya secara berkelanjutan.

Kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut dituangkan dalam misi JTK ITS, sebagai berikut:

Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu rekayasa kelautan bagi generasi muda.
Menyelenggarakan penelitian ilmu rekayasa kelautan yang inovatif, bermutu, dan tanggap terhadap perkembangan untuk pemecahan permasalahan masyarakat dalam lingkup nasional dan global.
Memberikan pelayanan berbasis ilmu rekayasa kelautan bagi pemerintah, industry dan masyarakat dalam sekala nasional maupun internasional. Mengelola jurusan ini secara etis, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.