Bahasa Indonesia

English

Sejarah

Jurusan Teknik Kelautan – ITS merupakan salah satu jurusan rekayasa kelautan tertua di indonesia, sehingga sudah sewajarnya bahwa jurusan ini menjadi Pusat Unggulan ( Centre Of Excellence) dibidang Teknik Lepas Pantai dan Pantai ( Offshore & Coastal Engineering) dengan Track Record lebih dari 22 tahun berpengalaman di bidang kelautan yang mempunyai visi menjadi lembaga pendidikan tinggi rekayasa kelautan bertaraf internasional.

Dengan sertifikasi akriditasi pendidikan kualifikasi A dari Badan Akriditasi Nasional (BAN) dan pengakuan kesetaraan dengan pendidikan tinggi Naval Architecture di Inggris dari RINA dan ImarEST, jurusan ini bertujuan untuk mendidik tenaga ahli yang mampu menyelesaikan permasalahan bangunan Lepas pantai dan pantai, serta fasilitas pelabuhan dalam penanganan sistem terpadu untuk kelestarian lingkungan laut dan pantai.

Latar Belakang Pendirian Jurusan Teknik Kelautan sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 0174/0/1983 tanggal 14 Maret 1983. Pendirian Jurusan Teknik Kelautan – ITS (JTK- ITS) awal mulanya didasarkan atas kebutuhan industri akan tenaga terdidik dibidang rekayasa kelautan terutama industri Migas Lepas pantai. Tahun 90-an JTK berkembang ke bidang Teknik Lepas Pantai dan Teknik Pantai. Alumni Jurusan Teknik Kelautan sudah tersebar di berbagai bidang seperti industri Migas (TOTAL Indonesie, CNOOC, Chevron, Conoco Philips, dll) instansi pemerintah (Dephub, DKP, Pemda), konsultan (Tachnips, Singgar Mulia, Noble Denton, dll), Klasifikasi (LR, BV, BKI, DnV, ABS), kontraktor, dan lain sebagainya.