Prodi Sarjana ( S1 )

Departemen Teknik Kelautan FTK-ITS merupakan pusat Unggulan ( Center Of Excelence ) dibidang Teknik Lepas pantai ( Offshore Engineering) dan Teknik Pantai ( Coastal Engineering) Baik dilevel Indonesia maupun level Regional ASEAN. Departemen Teknik Kelautan didukung oleh tenaga pendidik Profesional yaitu 5 Professor, 16 Doktor dan 9 Master. Juga Telah mendapatkan kualifikasi A dari Badan Akriditasi Nasional ( BAN ) Serta mendapatkan pengakukan kesetaraan dari Perguruan Tinggi Sejenis di Inggris yaitu University Newcastle Upon Tyne, serta asosisasi professional yaitu The Royal Institute of Naval Architecs ( RINA ) dan The Institute Marine Engineering Science and Technology ( IMAREST)

Selain pendidikan untuk tingkat sarjana, Departemen Teknik Kelautan sejak tahun ajaran 1996/1997 juga telah membuka program studi pasca sarjana serta program doctoral sejak tahun ajran 2004/2005

 

Kerjasama :

Departemen Teknik Kelautan FTK ITS dengan perguruan tinggi lain di Indonesia dalam rangka memperkuat jejaring dalam rangka pendidikan Teknik Kelautan, misal : Teknik Kelautan ITB, UNHAS, UNIVERSITAS HALMAHERA, UNIVERSITAS TRUNOJO dll.

Departemen Teknik Kelautan dengan perguruan tinggi diluar negeri melalui pengiriman dosen tugas belajar dengan beasiswa, .misal : NTNU Norwegia, Tohoku University, Kyusu University, Kyoto University, Universiti Technology Pertronas, Pahang Universiti, Osahka Prefecture University, University Of London, Glasgow Caledonian University, Memorial University of New Foundland, Queen’s University, The George University dll.

Departemen Teknik  kelautan dengan insititusi intenasional dan lembaga pemerintah , Misal: ITS –Tohoku University – BMKG dalam internasional seminar, Japan – Indonesia Workshop on Estuary and Climate 2010 ( JIWECC 2010 )

 

Bidang Keahlian Teknik Kelautan :

  • Bidang Keahlian Hidrodinamika lepas pantai ( Offshore Hidrodynamics ), identifikasi perilaku aliran fluida, analisis respon dinamis bangunan laut terhadap eksitasi gaya gelombang dan analisis gelombang laut acak
  • Bidang keahlian Struktur Bangunan Lepas Pantai ( Offshore Structure), analisis dan perncanaan kekuatan strukur bangunan laut, analisis kekuatan material, analisis keandalan dan resiko
  • Bidang keahlian energy dan lingkungan laut ( Ocean Energy and Environmental ), identifkasi kondisi lingkungan laut yang ditinjau dari segi oceanografi dan gelology, pemanfaatan gelombang laut dan pasang surut sebagai sumber energy alternative konversi energy panas lautan, pemecahan masalah pencemaran lingkungan laut
  • Bidang kehalian teknik dan manajemen pantai ( Coastal Engineering and Management), perancangan fasilitas dan struktur pantai, identifkasi perilaku kondisi tanah dasar laut, analisa pondasi bangunan laut, perancangan anjungan dengan struktur beton, pengelolaan wilayah pantai

 

CPL

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SIKAP 1.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam perilaku sehari-hari;
1.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
1.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
1.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme tinggi  serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
1.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, aliran dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
1.6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
1.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
1.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
1.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
1.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1.11 Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
1.12 Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
PENGETAHUAN 2.1 Menguasai konsep teoretis sains alam dan prinsip aplikasi matematika rekayasa secara umum;
2.2 Menguasai konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan dalam bidang rekayasa kelautan secara mendalam;
2.3 Menguasai prinsip dan metode aplikasi yang diperlukan untuk rekayasa kelautan yang meliputi bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai untuk pengelolaan sumber daya dan aktivitas kelautan;
2.4 Menguasai konsep dan prinsip pelestarian lingkungan;
2.5 Menguasai konsep dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium dan di lapangan;
2.6 Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik;
2.7 Memiliki wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa kelautan; dan
2.8 Menguasai konsep  integritas akademik secara umum antara lain, mampu memahami arti dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.
KETRAMPILAN KHUSUS 3.1 Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi model di bidang rekayasa kelautan;
3.2 Mampu merancang bangunan laut yang mencakup bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai untuk pengelolaan sumber daya dan aktivitas kelautan dengan mempertimbangkan standar, kode, dan peraturan yang berlaku serta memperhatikan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik, dan kelestarian lingkungan;
3.3 Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kelautan yang berkaitan dengan   bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa kelautan, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik, dan kelestarian lingkungan, meliputi kemampuan:

1) mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis, dan menemukan sumber masalah rekayasa kelautan;

2) mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa kelautan; dan

3) memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa yang paling sesuai, efektif, dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa kelautan;

3.4 Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan dari sudut pandang rekayasa kelautan yang telah dan/atau sedang diterapkan, yang dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah; dan
3.5 Mampu mengikuti dan memahami perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang teknologi kelautan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.
KETRAMPILAN UMUM 4.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
4.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
4.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
4.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
4.7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
4.8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
4.9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
4.10 Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
4.11 Mampu memahami dan menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
4.12 Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian;
Mampu mempublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi
4.13 Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
4.14 Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan;
4.15 Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya; dan
4.16 Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan  berbasis teknologi.

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn