Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP 1.1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dalam perilaku sehari-hari;
1.2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
1.3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dan UUD 1945;
1.4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme tinggi serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
1.5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, aliran dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
1.6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
1.7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
1.8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
1.9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
1.10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
1.11Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
1.12Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
PENGETAHUAN2.1Menguasai konsep teoretis sains alam dan prinsip aplikasi matematika rekayasa secara umum;
2.2Menguasai konsep teoritis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan dalam bidang rekayasa kelautan secara mendalam;
2.3Menguasai prinsip dan metode aplikasi yang diperlukan untuk rekayasa kelautan yang meliputi bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai untuk pengelolaan sumber daya dan aktivitas kelautan;
2.4Menguasai konsep dan prinsip pelestarian lingkungan;
2.5Menguasai konsep dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium dan di lapangan;
2.6Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi untuk tujuan spesifik;
2.7Memiliki wawasan perkembangan teknologi mutakhir di bidang rekayasa kelautan; dan
2.8Menguasai konsep integritas akademik secara umum antara lain, mampu memahami arti dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya.
KETRAMPILAN KHUSUS3.1Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk membuat atau memodifikasi model di bidang rekayasa kelautan;
3.2Mampu merancang bangunan laut yang mencakup bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai untuk pengelolaan sumber daya dan aktivitas kelautan dengan mempertimbangkan standar, kode, dan peraturan yang berlaku serta memperhatikan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik, dan kelestarian lingkungan;
3.3Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kelautan yang berkaitan dengan bangunan pantai, pelabuhan, dan bangunan lepas pantai berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa kelautan, dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, keamanan, keselamatan publik, dan kelestarian lingkungan, meliputi kemampuan:
1) mengidentifikasi, memformulasi, menganalisis, dan menemukan sumber masalah rekayasa kelautan;
2) mengusulkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah rekayasa kelautan; dan
3) memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa yang paling sesuai, efektif, dan efisien dalam penyelesaian masalah rekayasa kelautan;
3.4Mampu mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah lingkungan dari sudut pandang rekayasa kelautan yang telah dan/atau sedang diterapkan, yang dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah; dan
3.5Mampu mengikuti dan memahami perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang teknologi kelautan dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.
KETRAMPILAN UMUM4.1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
4.2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
4.3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
4.5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
4.6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
4.7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
4.8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
4.9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
4.10Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
4.11Mampu memahami dan menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
4.12Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian;
Mampu mempublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi
4.13Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
4.14Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan;
4.15Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya; dan
4.16Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn