Kultam Bulanan : Pengenalan Manajemen Galangan untuk Mahasiswa DTK

Kultam Bulanan : Pengenalan Manajemen Galangan untuk Mahasiswa DTK

Surabaya, (17/11) – Dalam rangka mengenalkan mahasiswa tentang manajemen galangan, DTK kembali menggelar kuliah tamu yang rutin diselenggarakan tiap bulan. Bulan ini DTK mengundang Direktur PT. Krakatau Shipyard, Ir Tjahyono Roesdianto yang juga merupakan alumni DTK angkatan kedua.

Peserta kuliah tamu “Manajemen Galangan”

Kegiatan yang digelar di Gedung BG. Munaf, FTK-ITS bertujuan guna mengenalkan mahasiswa DTK pada manajemen galangan yang menjadi salah satu bagian dari konsentrasi bidang yang dipelajari di DTK. Materi dibuka dengan pemaparan megatrend di industri galangan kapal, antara lain : meningkatnya permintaan kapal yang berbasis clean/new-energy, meningkatnya permintaan kapal pesiar untuk rekreasi, ekspansi perniagaan bebas sehingga meningkatkan kebutuhan akan transportasi laut, permintaan pengembangan sumber daya alam lepas pantai dan revolusi teknologi canggih pada bidang IT dan robot.

Lima faktor keberhasilan dari Galangan Kapal menurut Tjahyono terletak pada Perbaikan kapal dan pemeliharaannya, Pembangunan kapal, Fasilitas daur ulang kapal dan Fasilitas lepas pantai.

Ia juga menjelaskan peran strategis pengembangan industri galangan kapal serta strategi daya saingnya di beberapa negara maju. Selain itu, Tjahyono juga memaparkan risiko bisnis galangan kapal dan bagaimana mengidentifikasi risikonya, sehingga dari analisis tersebut dapat dihasilkan manajemen mitigasi risikonya.

Di akhir pemaparan, Tjahyono memberikan pencerahan kepada mahasiswa saat memasuki masa pasca kelulusan nantinya, seperti, kompetensi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja dan pemberian motivasi.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *