Mahasiswa DTK Raih Gelar 1st Runner Up di Kompetisi Desain Oil Rig Internasional

Mahasiswa DTK Raih Gelar 1st Runner Up di Kompetisi Desain Oil Rig Internasional

Kuala Lumpur, (2/11) – Mahasiswa DTK ITS kembali menorehkan prestasinya di ajang internasional. Kali ini Tim dari ITS yang terdiri dari 3 mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (Galura Wirautama, Rizqi Widya Ananta dan Fikri Imanudin), 1 mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan dan 1 mahasiswa Departemen Teknik Kimia memenangkan kompetesi desain oil rig “SPE Student Chapter Malaysia Oil and Gas Convention 2017 (SMOGC 2017)” dengan merebut gelar 1st Runner Up. SMOGC 2017 yang dihelat pada 1-2 November ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh SPE Student Chapter. Kegiatan ini terdiri dari kompetisi, pameran, forum dan konferensi internasional yang mengangkat isu tentang industri minyak dan gas.

Oil Rig Design Competition, SMOGC 2017

Kompetisi desain oil rig yang diikuti oleh Tim ITS adalah mendesain dan membuat model oil rig dalam bentuk semisubmersible. Peserta dituntut untuk mengaplikasikan pengetahuan terbaru tentang teknologi bangunan lepas pantai yang dipadu dengan kreativitas antar tim untuk menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan di bidang eksplorasi dan produksi migas. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Enhance eco-friendly facility on rig to face tremendous environment while maximizing production line.” Terdapat 7 kriteria yang menjadi penilaian oleh juri : buoyancy test, wave test, load test on the ground, creativity and modelling ability, details of the model, innovative and savety features dan multimedia presentation.

Tim ITS dengan “Ganapatih”nya bertanding melawan 3 tim lainnya yang berasal dari STEM Akamigas Cepu, Politeknik Brunei, serta Universitas Indonesia dan keluar sebagai juara 2 di ajang bergengsi tersebut.

Tim ITS raih 1st Runner Up kompetisi desain oil rig di SMOGC 2017
Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *