Bahasa Indonesia

English

DTK ITS Undang ITB dan UnHas untuk Bahas Capaian Pembelajaran Lulusan Departemen Teknik Kelautan Se-Indonesia

Surabaya (5/10) – Dalam rangka menyiapkan pergantian kurikulum baru periode 2018 – 2023, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS telah beberapa kali menyelenggarakan serangkaian rapat kurikulum sejak bulan Agustus lalu hingga saat ini, termasuk kegiatan Lokakarya Kurikulum 2018 – 2023 yang diadakan pada bulan September 2017 di Tretes selama 3 hari. Kemudian pada Kamis (5/10) rapat kurikulum telah diadakan untuk mengkaji Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Teknik Kelautan se-Indonesia.

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Kali ini DTK ITS tidak sendirian dalam menetapkan CPL untuk bidang Teknik kelautan se-Indonesia. DTK ITS turut mengundang perwakilan Departemen Teknik Kelautan yang ada di Indonesia : DTK Institut Teknologi Bandung (ITB) dan DTK Universitas Hasanuddin, Makassar (UnHas) untuk merumuskan CPL yang akan menjadi acuan Kurikulum Departemen Teknik kelautan se Indonesia.

Perwakilan dari UnHas yang turut hadir dalam rapat ini adalah Dr. Taufiqur Rahman selaku Kepala Departemen Teknik Kelautan UnHas dan Dr.Eng. Achmad Yasir Baeda, yang merupakan staff dari Wakil Rektor I bidang akademik. DTK UnHas sebelumnya adalah prodi dari Departemen Teknik Perkapalan UnHas yang baru berdiri sendiri sebagai departemen pada Agustus 2017.

Namun disayangkan perwakilan dari ITB tidak dapat hadir untuk ikut serta dalam merumuskan CPL bidang Teknik Kelautan. Dari pihak ITS sebagai tuan rumah dihadiri oleh Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT.. Kaprodi S1, Ir. Hasan Ikhwani, M.Sc., Ph.D., Sekprodi S1, Herman Pratikno, S.T., M.T., Ph.D, Ketua Tim Kurikulum, Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko, M.Sc., Ph.D. beserta dengan timnya Suntoyo, S.T., M.Eng., Ph.D. dan R. Haryo Dwito A., S.T., M.Eng., Ph.D.

Berdasarkan hasil rapat tersebut disepakati CPL Departemen Teknik Kelautan untuk jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3). Selanjutnya CPL tersebut akan dikirimkan ke Dikti untuk ditetapkan sebagai CPL Nasional di Bidang Teknik Kelautan. Ketua DTK, Rudi Walujo mengatakan, “Rapat ini bisa menjadi momentum membuat kolaborasi yang lebih intens ke depannya sebagai sebuah konsorsium nasional prodi Bidang Teknik Kelautan”.

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Foto Bersama Pihak DTK ITS dengan Pihak UnHas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *