Wujudkan Sinergi Maritim Nasional, HIMATEKLA Menghadiri Musyawarah Nasional V PERHIMATEKMI 2018

Wujudkan Sinergi Maritim Nasional, HIMATEKLA Menghadiri Musyawarah Nasional V PERHIMATEKMI 2018

DTKNEWS – Hari Sabtu dan Minggu, (29-30 September 2018) telah dilaksanakan Musyawarah Nasional V Perhimpunan Mahasiswa Teknologi Maritim (PERHIMATEKMI) 2018. PERHIMATEKMI merupakan sebuah perhimpunan organisasi mahasiswa dalam bidang teknologi maritim se-Indonesia yang memiliki visi untuk memajukan bidang maritim nasional lewat kontribusi dan sinergi yang dibangun oleh mahasiswa. Musyawarah Nasional kali ini dilaksanakan di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Kampus Limo, Jakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 15 himpunan mahasiswa dari seluruh Indonesia, mulai dari Politeknik Negeri Bengkalis hingga Universitas Hasanuddin, Makassar.

Departemen Teknik Kelautan (DTK) mengutus HIMATEKLA untuk mendelegasikan dua mahasiswa agar mengikuti kegiatan ini yaitu, Ramadhani Satya Perdana (Ketua HIMATEKLA 2017/2018) dan Aulia Ikramulloh (Staff Departemen Hubungan Luar HIMATEKLA 2017/2018). Pendelegasian ini merupakan salah satu peran aktif HIMATEKLA dalam mewujudkan sinergi maritim nasional. Serta untuk menjawab misi dari Departemen Teknik Kelautan (DTK) “tanggap terhadap perkembangan untuk pemecahan permasalahan masyarakat dalam lingkup nasional dan global” dengan mendelegasikan mahasiswa DTK dalam kegiatan antar mahasiswa kelautan se-Indonesia.


Hari Pertama
Kegiatan Musyawarah Nasional V PERHIMATEKMI 2018 dibuka dengan sambutan oleh pembina PERHIMATEKMI Bapak Askan Naim yang merupakan Sekjen IPERINDO (Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lepas Pantai Indonesia). Beliau menyampaikan bahwa peran PERHIMATEKMI sangat penting terutama sebagai media untuk bertukar informasi dan berdiskusi mengenai maritim Indonesia demi mewujudkan kemandirian terutama untuk membentuk entrepreneur-entrepreneur muda dalam bidang industri maritim pasca lulus dari kampus. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum PERHIMATEKMI 2017/2018 M. Arif Rachman dan sambutan ketua pelaksana.

Kegiatan hari pertama dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan pemateri Dr. Marcus Albert Talahatu MT, Dosen Universitas Indonesia. Materi yang disampaikan adalah mengenai Revolusi Industri 4.0 dalam bidang industri maritim. Disampaikan oleh beliau bagaimana sebaiknya peran masyarakat industri maritim dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang mana banyak teknologi fisik dan digital yang digabungkan melalui analitik, kecerdasan buatan, teknologi kognitif, dan Internet of Things (IoT). Maka masyarakat industri maritim harus melek akan kemajuan teknologi yang ada agar dapat memanfaatkannya sebagai opportunity bagi industri ini, ujar beliau.

Hari Kedua

Di hari kedua Musyawarah Nasional V PERHIMATEKMI 2018 ini dilaksanakan Laporan Pertanggung Jawaban kepengurusan PERHIMATEKMI 2017/2018. Di sini seluruh anggota PERHIMATEKMI yang hadir saling mengkritisi dan memberikan argumennya untuk memberikan evaluasi terhadap kepengurusan saat ini. Delegasi dari Teknik Kelautan pun turut berperan aktif dalam memberikan evaluasi dan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Dalam Musyawarah Nasional kali ini, PERHIMATEKMI mengesahkan anggota baru dari HIMANAVAL Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kegiatan Musyawarah Nasional V PERHIMATEKMI 2018 ini diakhiri dengan pemilihan Ketua Umum baru untuk periode 2018/2019. Dari empat kandidiat yang lolos fit & propper test, terpilih saudara M. Fathan Mausulunnajib sebagai Ketua Umum yang baru.

Merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa bagi delegasi HIMATEKLA untuk dapat mengikuti kegiatan ini. Semoga makin menginspirasi banyak mahasiswa DTK – ITS untuk dapat berperan makin aktif dan kontributif dalam kegiatan kemahasiwaan antar instansi semacam ini.
Jayalah Maritim Indonesia, Salam Maritim !
(@ramadhanisatya, erwepe)

 

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *