Seri Kunjungan Dosen DTK (Tim Kerjasama DOE-NUFFIC) ke Delft – Belanda

Seri Kunjungan Dosen DTK (Tim Kerjasama DOE-NUFFIC) ke Delft – Belanda

Kerjasama DTK-NUFFIC tahun ini memasuki Thun ke-3 (2018). Realisasi program terus dilakukan sehingga dapat menghasilkan perkembangan signifikan bagi kemajuan DTK di masa yang akan datang. Baik dalam aspek perbaikan serta penyempurnaan proses belajar-mengajar serta atmosfer akademik di DTK maupun upaya melengkapi serta memperbaiki fasilitas-fasilitas pembelajaran yang makin baik dari waktu ke waktu.

DTKNEWS – Kerjasama DOE dengan NUFFIC, tahun 2018 ini sudah memasuki tahun ke-3, dari total rentang kerjasama 4 tahun (sampai dengan 2019). Sudah banyak diperoleh capaian yang didedikasikan bagi DTK dan civitas akademikanya dalam kurun waktu dua tahun yang lalu (2016-2017).

Kunjungan tengah tahun-2018 kali ini berlangsung dari 25 Juni s/d 3 Juli 2018, yang diikuti 6 orang dosen DTK: Prof. Eko Budi Djatmiko, Dr. Wahyudi, Dr. M. Mustain, Dr. Haryo D. Armono, Dr. Suntoyo, dan Dr.Eng. Rudi W. Prastianto. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut terus-menerus dalam rangka perbaikan materi mata kuliah-mata kuliah dalam kurikulum baru DTK, evaluasi program yang sudah berlangsung dan perencanaan agenda program kerjasama selanjutnya, yang akan dilakukan baik di Indonesia maupun di Belanda.

Delegasi dosen-dosen DTK tiba di Bandara Schiphol-Amsterdam, Belanda.

Rangkuman agenda acara selama hari kerja kunjungan ke Belanda, secara singkat dapat direncanakan sbb.:

Acara Hari ke-1:
Delegasi DTK tiba di Belanda (Bandara Schiphol, Amsterdam) pada hari Selasa 26 Juni 2018. Kemudian akan dilanjutkan melalui perjalanan darat ke hotel di kota Delft.
Di Delft bersama Prof. Alvaro dari IHE-Institute for Water Education secara singkat akan mendiskusikan agenda pertemuan di hari berikutnya (hari ke-2).

Acara Hari ke-2:
Hari ke-2 adalah Rabu 27 Juni 2018. Secara garis besar acara di bagi Sesi Pagi dan Sesi Siang setelah makan siang. Acara diselenggarakan di ruang sidang kampus IHE-Institute for Water Education, Delft.
Sesi pagi dengan agenda: diskusi tentang penyesuaian struktur program yang akan dilakukan berikutnya, evaluasi dan rencana isu gender dalam program dan diskusi tentang pelaksanaan seminar ISOCEEN-2018 dan rencana ISOCEEN-2019.
Untuk Sesi siang hari, agenda acara meliputi: diskusi tentang tugas survey dan pengukuran data lapangan bagi mahasiswa DTK, dan pertemuan khusus terpisah (Dosen pengampu MK ybs) untuk workshop melanjutkan penyempurnakan materi MK. Oseanografi, Gelombang, Proses Pantai dan Struktur Pantai.

Delegasi DTK melakukan orientasi lokasi sekitar Hotel Delft Museumhotel, Delft-Belanda

Acara Hari ke-3:
Acara hari ke-3 kunjungan juga terbagi menjadi 2 sesi pada hari Kamis 28 Juni 2018. Sesi pagi: tim berkunjung ke boat dealer untuk uji coba perahu survey yang sudah dipesan. Kemudian Sesi siang menuju ke kampus TU-Delft di Departemen Arsitektur dengan agenda pembahasan evaluasi singkat Seminar Future Search (yang sudah dilakukan sebelumnya di Jogjakarta) serta langkah berikutnya, dan pemaparan online learning yang sudah dilakukan di TU-Delft.

Acara Hari ke-4:
Hari ke-4 kunjungan adalah hari Jumat 29 Juni 2018 pagi hari di kampus TU-Delft di Departemen Teknik Sipil dengan agenda pembahasan lebih detil materi Pasang Surut (Pasut) Laut di Indonesia untuk materi MK. Eseanografi dan pembahasan materi untuk MK. Sturktur Pantai. Pembahasan akan dilakukan bersama Prof. Gerrit dan Prof. Henk.

Acara Hari ke-5:
Hari ke-5 kunjungan dengan agenda kunjungan ke institusi Deltares pagi hari Senin 02 Juli 2018. Kemudian sesi siang dilanjutkan kunjungan ke Sand Motor.

Delegasi DTK melakukan orientasi lokasi di sekitar kampus IHE, Delft-Belanda.

Acara Hari ke-6:
Hari ke-6 kunjungan adalah hari terakhir, Selasa 03 Juli 2018. Acara formal dengan agenda Closing Meeting yang akan memberikan kesimpulan atas kunjungan kali ini dan rangkuman rencana agenda selanjutnya yang sudah disepakati untuk program kerja sama ini.

Semoga kunjungan tengah tahun 2018 dalam rangka kerjasama DTK-NUFFIC kali ini dapat menghasilkan kesepakatan signifikan dan realisasi semua program bagi kemajuan DTK di masa yang akan datang. Khususnya dalam upaya perbaikan serta penyempurnaan proses belajar-mengajar bagi mahasiswa DTK dan seluruh civitas akademika DTK dengan fasilitas dan atmosfer pembelajaran yang makin baik dari waktu ke waktu. Aamiin YRA. (@RWP_Delft_July 2018).

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *