Kepedulian Himatekla “yang tak kenal lelah” kepada masyarakat

Kepedulian Himatekla “yang tak kenal lelah” kepada masyarakat

Departemen Teknik Kelautan. Sabtu, 24 Februari 2018 telah berlangsung acara One Day with Difabel yang dihelat di pelataran Taman Kelautan yang sederhana dan rindang. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial Masyarakat Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan (HIMATEKLA) FTK-ITS 2017/2018. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam bermasyarakat khususnya dengan kaum muda difabel, yang sejauh ini terkadang masih kurang mendapatkan perhatian yang memadai ataupun masih dipandang sebelah mata.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua HIMATEKLA dan Sekprodi Teknik Kelautan, Bapak Herman Pratikno, ST, MT, Ph.D., mewakili Kepala Departemen Teknik Kelautan. Acara ini berlangsung dengan meriah dan lancar dengan kehadiran 23 anak-anak difabel beserta orang tuanya dari Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus dan 40 mahasiswa dari Departemen Teknik Kelautan maupun Departemen lain di ITS.

Penyerahan Cenderamata oleh Ketua HIMATEKLA kepada Perwakilan dari Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus
Foto Adik-adik Pemenang 3 Karya Terbaik dengan Ketua Departemen Sosial Masyarakat HIMATEKLA.
Penampilan bakat menyanyi oleh anak-anak difabel.
Interaksi antara mahasiswa dan anak-anak difabel saat acara berlangsung

Acara yang berlangsung selama 2 jam ini diisi dengan beberapa kegiatan edukatif yang menyenangkan seperti lomba mewarnai (dengan tema Kelautan) dan bermain permainan-permainan kreatifitas. Di akhir acara diramaikan dengan penampilan-penampilan bakat dari anak-anak difabel yang hadir. Menurut panitia, melalui kegiatan ini juga diselipkan pesan-pesan dan nuansa bidang Kelautan sehingga sejak dini anak-anak ini sudah dikenalkan tentang bidang Kelautan dengan cara-cara sederhana dan menarik. Sehingga diharapkan nantinya anak-anak ini akan tumbuh menjadi generasi yang tidak asing dan merasa dekat dengan paradigma kelautan, yang mana selama ini bidang Kelautan agak terpinggirkan gaung dan perannya.

Selanjutnya acara diisi dengan pemberian donasi kepada Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus, pembagian hadiah lomba, makan siang bersama, pemberian bingkisan serta penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan orangtua anak-anak difabel dan perwakilan dari Yayasan.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *