DTK Menuju Re-Akreditasi BAN-PT 2018

DTK Menuju Re-Akreditasi BAN-PT 2018

Kampus ITS – Sehubungan dengan akan berakhirnya masa berlaku status akreditasi BAN-PT untuk Program Studi Teknik Kelautan ITS pada Juli 2018, maka sejak Oktober 2017 telah dibentuk Tim Persiapan BAN DTK yang diketuai oleh Sekprodi DTK, Herman Pratikno, Ph.D. Hingga sampai saat ini (Februari 2018) tim tersebut telah mengagendakan beberapa kali rapat rutin setiap dua mingguan.

Tim Persiapan BAN terdiri dari dosen dan tendik DTK, yaitu (Dosen) :Herman Pratikno, Ph.D., Dr. Rudi Walujo P., Yoyok Setyo H., Ph.D., Dr. Hasan Ikhwani, Yeyes Mulyadi, Ph.D., Suntoyo, Ph.D., Silvianita, Ph.D., Dirta Marina C., MT., Wimala D, MT., Agro Wisudawan, MT. dan Yuni Ari W., MT., serta (Tendik) : Dwi Purnomo H, MT., Dwi Arbaati, ST., Haryanto, SE. dan Kaspuji.

Persiapan BAN yang telah dilakukan adalah mengisi Buku Borang Akreditasi 3A tentang Program Studi yang terdiri dari 7 pokok bahasan : (1) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian; (2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan dan Penjaminan Mutu; (3) Kemahasiswaan dan Lulusan; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik; (6) Pembiayaan, Prasarana, Sarana dan Sistem Informasi; dan (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama. Selain Buku Borang 3A, Tim Ban juga telah menyusun Buku Evaluasi Diri dengan melakukan analisis SWOT terhadap internal DTK, juga menyiapkan Buku Borang 3B tentang Institusi Fakultas Teknologi Kelautan. Ketiga buku tersebut juga telah diserahkan ke Kantor Pusat Jaminan Mutu (PJM) ITS untuk diperiksa internal ITS sebelum diserahkan ke BAN-PT. Selama proses pemeriksaan tersebut, tim BAN DTK juga menyiapkan dan melengkapi dokumen-dokumen pendukung serta kelengkapan secara fisik yang dibutuhkan saat visitasi nantinya.

Ketua Tim BAN DTK, Herman Pratikno, Ph.D. berharap, “Semoga dalam penyusunan dokumen BAN-PT mendapat dukungan dari semua pihak di Departemen Teknik Kelautan, mulai dari Mahasiswa,  Dosen, Tenaga Pendidik, terutama pada saat Visitasi kunjungan Assesor BAN ke Kampus  DTK. Sehingga diharapkan para Asesor BAN nantinya memberikan penilaian yang sangat baik kepada Prodi S-1 DTK dan nilai Akreditasi A akan dapat kita pertahankan.

Sekarang ini penilaian akreditasi menggunakan sistem SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Diharapkan dengan sistem penilaian akreditasi online ini, akan lebih memudahkan DTK dalam mempetahankan nilai A, kategori sangat baik”.

Berdasarkan Surat Keputusan No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, Departemen Teknik Kelautan ITS telah mengantongi akreditasi A dengan nilai yang sangat baik.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *