Bahasa Indonesia

English

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

Departemen Teknik Kelautan (DTK) yang bekerjasama dengan the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education (NUFFIC) kembali menerima 6 mahasiswa HZ University asal Belanda untuk melakukan penelitian di DTK Read More

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

ITS, Coral Triangle Initiative (CTI) dan Universiti Malaysia Trengganu (UMT) menyelenggarakan penandatanganan MoU yang meresmikan kerjasamanya di antara ketiganya. Read More

[Pengumuman] ITS IO Buka Kesempatan untuk Mengikuti Student Exchange Program

[Pengumuman] ITS IO Buka Kesempatan untuk Mengikuti Student Exchange Program

Institut Teknologi Sepuluh Nopember melalui ITS International Office (ITS IO) mengumumkan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti Student Exchange Program di universitas luar negeri. Adapun universitas tujuan dari program Student Exchange Program ini terdiri dari Providence University (Taiwan), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), University Malaysia Pahang (UMP), Anadolu University (Turkey). Read More

Artikel : Gelombang laut  | Oleh : Wimala L. Dhanista, ST., MT*

Artikel : Gelombang laut | Oleh : Wimala L. Dhanista, ST., MT*

Gelombang adalah pergerakan naik dan turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/grafik sinusoidal. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan, menyebabkan riak-riak, alun/bukit, dan berubah menjadi apa yang kita sebut sebagai gelombang Read More

 

Mahasiswa DTK Raih Gelar 1st Runner Up di Kompetisi Desain Oil Rig Internasional

Kuala Lumpur, (2/11) – Mahasiswa DTK ITS kembali menorehkan prestasinya di ajang internasional. Kali ini Tim dari ITS yang terdiri dari 3 mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (Galura Wirautama, Rizqi Widya Ananta dan Fikri Imanudin), 1 mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan dan 1 mahasiswa Departemen Teknik Kimia memenangkan kompetesi desain oil rig “SPE Student Chapter Malaysia Oil and Gas Convention 2017 (SMOGC 2017)” dengan merebut gelar 1st Runner Up. SMOGC 2017 yang dihelat pada 1-2 November ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh SPE Student Chapter. Kegiatan ini terdiri dari kompetisi, pameran, forum dan konferensi internasional yang mengangkat isu tentang industri minyak dan gas.

Oil Rig Design Competition, SMOGC 2017

Kompetisi desain oil rig yang diikuti oleh Tim ITS adalah mendesain dan membuat model oil rig dalam bentuk semisubmersible. Peserta dituntut untuk mengaplikasikan pengetahuan terbaru tentang teknologi bangunan lepas pantai yang dipadu dengan kreativitas antar tim untuk menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan di bidang eksplorasi dan produksi migas. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Enhance eco-friendly facility on rig to face tremendous environment while maximizing production line.” Terdapat 7 kriteria yang menjadi penilaian oleh juri : buoyancy test, wave test, load test on the ground, creativity and modelling ability, details of the model, innovative and savety features dan multimedia presentation.

Tim ITS dengan “Ganapatih”nya bertanding melawan 3 tim lainnya yang berasal dari STEM Akamigas Cepu, Politeknik Brunei, serta Universitas Indonesia dan keluar sebagai juara 2 di ajang bergengsi tersebut.

Tim ITS raih 1st Runner Up kompetisi desain oil rig di SMOGC 2017

[Pengumuman] ITS IO Buka Kesempatan untuk Mengikuti Student Exchange Program

Institut Teknologi Sepuluh Nopember melalui ITS International Office (ITS IO) mengumumkan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti Student Exchange Program di universitas luar negeri. Adapun universitas tujuan dari program Student Exchange Program ini terdiri dari Providence University (Taiwan), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), University Malaysia Pahang (UMP), Anadolu University (Turkey).

Student Exchange Program by ITS IO

Bagi mahasiswa DTK yang tertarik dengan program ini dapat menyiapkan dokumen-dokumen seperti Transkrip Nilai terakhir dalam Bahasa Inggris, Surat Keterangan Mahasiswa Aktif ITS dalam Bahasa Inggris, Sertifikat TOEFL/IELTS/EFL yang masih berlaku, Paspor, Learning Agreement (format bisa diunduh di http://io.its.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/LO_Credit-Transfer-and-Learning-Agreement1.docx), Surat Pernyataan dan Form Pengajuan Dana Pertukaran Pelajar (format dapat diunduh di http://io.its.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/FORM-PENGAJUAN-DANA-PERTUKARAN-MAHASISWA.docx). Semua dokumen tersebut dikumpulkan ke Kantor ITS International Office, Gedung Rektorat Lantai 1.

 

Tabel Student Exchange Program by ITS IO

Program NameUniversity/OrganizerWebsiteDeadlineEligible ApplicantsSubmit Your application to
Providence University Student Exchange Spring Semester 2018Providence University, Taiwan http://io.its.ac.id/providence-university-student-exchange-spring-semester-2018/ 3-Nov-2017? Students (D4, S1 & S2)International Office (Ms. Amalia
UTM Student Exchange Spring Semester 2018 Universiti Teknologi Malaysia (UTM) http://io.its.ac.id/utm-student-exchange-spring-semester-2018/ 17-Oct-2017? Students (D3,D4, S1 & S2)International Office (Ms. Amalia)
A Semester Exchange Program at UMP Spring 2018Universiti Malaysia Pahang (UMP) http://io.its.ac.id/a-semester-exchange-program-at-ump-spring-2018/ 25-Oct-2017?Students (D3,D4 & S1) International Office (Mr. Wahyu)
Anadolu University Erasmus + International Credit Mobility- Spring Semester 2018Anadolu University, TurkeyTurkey http://io.its.ac.id/anadolu-university-erasmus-international-credit-mobility-spring-semester-2018/ 27-Oct-2017?Students (S1, S2 & S3)International Office (Ms. Cahyani)

Pengumuman Beasiswa ClassNK Awards 2017

Beasiswa ClassNK Awards kembali dibuka pada Oktober ini. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa FTK yang berprestasi oleh ClassNK setiap tahunnya. ClassNK atau Nippon Kaiji Kyokai merupakan Badan Klasifikasi Kapal yang berasal dari Jepang. ClassNK berkomitmen dalam memotivasi mahasiswa FTK untuk terus berprestasi dengan memberikan ClassNK Awards.  Bagi mahasiswa FTK yang sedang menempuh semester akhir (minimal memasuki semester 7) dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.54, serta sedang tidak menerima beasiswa dari instansi lainnya dapat mendaftarkan diri ke Dekanat FTK. Kriteria yang dievaluasi oleh pihak ClassNK terdiri dari keterampilan dalam mempresentasikan materi, penulisan essay/deskripsi singkat tugas akhir dan portofolio prestasi-prestasi yang pernah diraih.

Dokumen yang perlu disiapkan untuk mengikuti seleksi ClassNK ini adalah isian formulir pendaftaran,  curriculum vitae, deskripsi singkat tugas akhir atau essay dengan topik teknologi kelautan yang berhubungan dengan badan klasifikasi, serta sertifikat penunjang yang menunjukkan prestasi-prestasi yang pernah diraih. Semua dokumen ditulis dalam Bahasa Inggris dan dikumpulkan pada 18 September – 13 Oktober 2017. Tahapan seleksi presentasi dilakukan pada 18 Oktober dan penganugerahan ClassNK Awards diberikan pada 10 November 2017 tepat saat Dies Natalies ITS. Akan dipilih 3 mahasiswa FTK yang memperoleh penilaian paling tinggi. Untuk informasi lebih detail dapat menghubungi Dian Prastiti di Dekanat FTK/Gedung Rektorat Lt.3.

Pengumuman ClassNK Awards

Kuliah Tamu : “Hukum Untuk Sarjana Teknik”

Jum’at (20/10) – Departemen Teknik Kelautan-FTK ITS hadirkan Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Dr. Suarnaya Sidemen untuk memberikan kuliah tamu Kampus DTK. Kuliah tamu ini merupakan program rutin bulanan dari DTK. Materi yang diangkat dalam kuliah tamu ini adalah “Ilmu Hukum Untuk Sarjana Teknik”, harapannya selain mahasiswa belajar tentang ilmu perteknikan, juga mengetahui tentang ilmu hukum yang nantinya, ketika memasuki dunia kerja akan cukup penting. Kuliah tamu yang diadakan di Ruangan BG. Munaf ini dimulai dari pukul 13.00 – 16.00 WIB.

 

Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Dr. Suarnaya Sidemen saat memberikan materi kuliah tamu

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Sesi tanya jawab

Foto bersama, dari kiri ke kanan : Ketua DTK Dr. Rudi Waluyo, Pemateri Dr. Suarnaya Sidemen Sekretaris DTK Yoyok Setyo, Ph.D, Wakil Kaprodi DTKHerman, Ph.D

DTK Adakan Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Surabaya, (13/10) – Departemen Teknik Kelautan (DTK) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penelitian dan pengabdian masyarakat (Abdimas) tahun 2017 yang bertempat di ruang Ketua DTK, Gedung WA, Kampus ITS.

Kegiatan Abdimas : DTK Gelar Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Siswa SMA/SMK di Lamongan

Dalam rangka mensosialisasikan bidang kelautan kepada generasi muda yang menjadi ujung tombak peradaban dunia kelautan di masa yang akan datang, DTK menggelar workshop untuk siswa SMA / SMK di Lamongan pada Kamis (12/10). Lamongan dipilih sebagai tujuan workshop karena daerah ini berada pada jalur pantai utara sehingga lamongan memiliki potensi sumber daya alam berupa hasil laut yang jumlahnya tidak terbatas. Kondisi alam ini memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat pesisir untuk bekerja di sektor perikanan dengan 23.186 nelayan aktif. Mata pencaharian di sektor perikanan tersebut telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Untuk menjaga keberlanjutan warisan tersebut kepada generasi muda, maka DTK menggelar workshop untuk mengenalkan bidang kelautan dan membangkitkan minat kepada siswa SMA / SMK di Lamongan.

Kegiatan Abdimas : DTK Restorasi Terumbu Karang Buatan di Pantai Pasir Putih Situbondo

Kondisi jumlah terumbu karang yang terus berkurang di daerah Pantai Pasir Putih di Situbondo akibat maraknya pencurian terumbu karang membuat DTK tergerak untuk merestorasi keadaan sekitar dengan terumbu karang buatan. DTK melaui kegiatan abdimas dengan dana mandiri dari departemen menggelar restorasi terumbu karang buatan di daerah Dermaga I, Pantai Pasir Putih Situbondo pada Sabtu (7/10). Kegiatan abdimas ini diketuai oleh Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D dan dibantu dengan timnya yang merupakan juga merupakan dosen DTK Dirta Marina Chamelia, MT. Yoyok berharap dengan adanya terumbu karang buatan ini dapat menggantikan peran terumbu karang asli yang dieksploitasi oleh manusia.

Kegiatan Abdi Masyarakat : Pelatihan Pengelasan Tingkat lanjut Untuk Warga Sekitar Kampus

Jumat, 7 Oktober 2017 – Setelah mengadakan Pelatihan Ketrampilan Pengelasan Tingkat Dasar untuk keluarga pra-sejahtera di sekitar kampus ITS pada Selasa (3/10) lalu, DTK kembali melanjutkan pelatihan untuk tingkat lanjutan dengan materi teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F. Teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F merupakan teknik dasar yang sering digunakan untuk pengelasan sederhana, 2G adalah teknik pengelasan horizontal pada sambungan biasa sedangkan 2F pada sambungan T (fillet).

DTK ITS Undang ITB dan UnHas untuk Bahas Capaian Pembelajaran Lulusan Departemen Teknik Kelautan Se-Indonesia

Surabaya (5/10) – Dalam rangka menyiapkan pergantian kurikulum baru periode 2018 – 2023, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS telah beberapa kali menyelenggarakan serangkaian rapat kurikulum sejak bulan Agustus lalu hingga saat ini, termasuk kegiatan Lokakarya Kurikulum 2018 – 2023 yang diadakan pada bulan September 2017 di Tretes selama 3 hari. Kemudian pada Kamis (5/10) rapat kurikulum telah diadakan untuk mengkaji Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Teknik Kelautan se-Indonesia.

Kegiatan Abdi Masyarakat : DTK Gelar FGD Persiapan Workshop di Lamongan

Lamongan (3/10) – Bertepatan dengan kegiatan abdimas pelatihan ketrampilan pengelasan, DTK juga menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Lamongan. Kegiatan abdimas ini merupakan kelanjutan dari workshop yang diadakan pada 19/9 di Lamongan. FGD ini diadakan sebagai persiapan kegiatan Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Generasi Muda Lamongan yang rencananya akan diadakan di Bulan Oktober ini. Workshop ini direncanakan sebagai pengenalan bidang dan membangkitkan minat pada siswa SMA/SMK di Lamongan terutama di bidang kelautan.