Bahasa Indonesia

English

 

Rapat Kurikulum DTK ‘Gandeng Tim Kurikulum ITS’

Surabaya (16/8) – DTK kembali  mengadakan rapat kurikulum yang merupakan lanjutan dari serangkaian pertemuan sebelumnya. Rapat kali ini turut mengundang Tim Kurikulum ITS,  Nurul Widiastuti, S.Si, M.Si., Ph.D. yang merupakan pakar dari pengembangan kurikulum di lingkungan ITS.

10

Suasanan rapat kurikulum DTK, Rabu (16/8)

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Sidang DTK membahas pemaparan Tim Kurikulum ITS oleh Nurul, hasil Tracer Study DTK oleh Dr. Eng. Yeyes Mulyadi, ST., MSc. dan Silvianita, ST., MSc., Ph.D. serta pemaparan rancangan awal susunan mata kuliah kurikulum baru dan ekuivalensi oleh tim Dr. Wahyudi.

Rapat ini dihadiri oleh tim Kurikulum DTK yang terdiri dari Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko MSc., Ph.D., Dr. Ir. Hasan Ikhwani, MSc., Suntoyo, ST., M.Eng., Ph.D., Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D., Dr. Ir. Wahyudi, MSc., Dr. Eng. Yeyes Mulyadi, ST., MSc., Silvianita, ST., MSc., Agro Wisudawan, ST., MT. Ir. Haryo Dwito Armono, ST., M.Eng., Ph.D. dan Murdjito, MSc. Eng. Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. dan sekretaris DTK, Yoyok Setyo Hadiwidodo, S.T., M.T., Ph.D. juga turut menghadiri rapat tersebut.

9

Suasana rapat kurikulum DTK, Rabu (16/8)

Di akhir rapat tidak lupa DTK memberikan cindera mata kepada Nurul yang diserahkan oleh Ketua Pengembangan Kurikulum DTK, Eko.

11

Penyerahan cindera mata oleh ketua pengembangan kurikulum DTK, Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko MSc., Ph.D. kepada perwakilan tim kurikulum ITS, Nurul Widiastuti, S.Si, M.Si., Ph.D.

Rapat Kurikulum DTK ‘Penyusunan Draft Awal Mata Kuliah dan Ekuivalensi’

Senin (14/8) – Departemen Teknik Kelautan (DTK) menyelenggarakan rapat kurikulum guna menyusun draft awal kuliah dan ekuivalensi Kurikulum Periode 2018 – 2023. Rapat ini merupakan kelanjutan rapat yang diadakan pada Rabu (9/8) dan persiapan menuju rapat pleno Lokakarya Kurikulum DTK.

Rapat ini dihadiri oleh sub-tim dari tim Kurikulum DTK yang bertugas sebagai penanggungjawab draft susunan awal mata kuliah dan ekuivalensi kurikulum DTK. Sub-tim yang terdiri dari 4 orang ini terdiri dari Dr. Ir. Wahyudi Citrosiswoyo, M.Sc., Murdjito, MSc. Eng., Suntoyo, ST, M.Eng., Ph.D., dan Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D. Turut hadir pada rapat tersebut Ketua Departemen DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT.

7

Rapat Mingguan Tim Kurikulum, Senin (14/8) di Ruang Sidang Teknik Kelautan

8

Rapat Mingguan Tim Kurikulum, Senin (14/8) di Ruang Sidang Teknik Kelautan

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

5

Proses Berlangsungnya Acara Penandatangan MoU ITS dan UMT

Surabaya (11/8) ITS, Coral Triangle Initiative (CTI) dan Universiti Malaysia Trengganu (UMT) menyelenggarakan penandatanganan MoU yang meresmikan kerjasamanya di antara ketiganya. Acara ini merupakan inisiasi dari salah satu Guru Besar DTK yang sedang menjabat sebagai Direkrur Eksekutif The Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF),  Prof. Widi Agoes Pratikto, Ph.D. Menurutnya kawasan Segitiga Terumbu karang merupakan daerah paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, termasuk di dalamnya adalah Indonesia dan Malaysia. Oleh karena itu besar harapannya agar ITS dan UMT merumuskan solusi dengan membentuk kerjasama.

6

Prof. Widi Agoes Pratikto, Ph.D. merupakan Dosen DTK yg menginisiasi terjalinnya kerjasama antara ITS dengan UMT

Hal ini didukung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD., “CTI-CFF ingin mengimplementasikan beberapa programnya. Salah satunya adalah masalah perubahan iklim. Penelitian tersebut membutuhkan kerja sama dengan pihak akademisi, dalam hal ini mereka mendorong UMT dan ITS untuk bekerja sama,”.

Dekan Teknik Kelautan UMT, Prof Ahmad Bin Jusoh juga turut mendukung dengan berharap hubungan kerja sama antara ITS dengan UMT akan semakin erat. “Dengan adanya kerja sama ini kami berharap mendapatkan bimbingan dan dukungan dari ITS, misalnya dengan mengadakan pertukaran tenaga pelajar maupun mahasiswa,” pungkasnya.

Joint Seminar ITS dan UMT ‘Teknologi Alternatif untuk Menjawab Permasalahan Sektor Transportasi Laut dan Manajemen Wilayah Pantai di Indonesia dan Malaysia’

Surabaya (10/8) Gedung NaSDEC – Sebagai salah satu institut Teknologi di Indonesia yang memiliki visi maritim, ITS bekerjasama dengan Universiti Malaysia Trengganu (UMT) menyelenggarakan Joint Seminar dengan tema Sustainable Marine Transportation and Coastal Zone Management in Indonesia : Challenges and Opportunities. Seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Penandatangan MoU antara ITS dan UMT yang diagendakan pada Jum’at (11/8) ini.

3

Pembicara Joint Seminar

Seminar ini mengangkat isu tentang teknologi alternatif yang bisa menjawab permasalahan sektor transportasi laut dan manajemen wilayah pantai di wilayah Indonesia dan Malaysia. Seminar yang dimoderatori oleh salah satu dosen DTK yang saat ini menjabat sebagai Dekan FTK, Prof. Ir. Daniel M. Rosyid Ph.D. mengundang 7 pembicara dari ITS dan UMT untuk memaparkan pengembangan yang telah dilakukan dalam masing-masing bidang keahlian. Berikut ini merupakan bahasan yang dipaparkan saat seminar :

  1. Analisis Tabrakan Kapal oleh Dr. Anuar Bin Abu Bakar (UMT)
  2. Analisis Stabilitas Voltase Listrik oleh Indra Ranu Kusuma, ST., M.Sc. (ITS)
  3. Perbandingan Pendekatan Analisis Vortex Induced Vibration oleh Mohd Asamudin A Rahman (UMT)
  4. Analisis CFD saat Proses Launching Jacket dan Kapal oleh Dr. Eng. Ir. Ahmad Fitriadhy (UMT)
  5. Analisis Pengaruh Kekasaran pada Pemodelan Lapisan Batas di Lambung Kapal oleh Prof. Dr. I Ketut Aria Pria Utama, MSc., Ph.D. (ITS)
  6. Pengembangan Teknologi Akuakultur Lepas Pantai di Indonesia oleh Yeyes Mulyadi,ST., MSc. (DTK-ITS)
  7. Pengembangan Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) oleh Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko MSc., Ph.D. (DTK-ITS
4

Pembicara Joint Seminar

Rapat Kurikulum DTK ‘Menuju Kurikulum Baru 2018 – 2023’

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kelautan, institusi pendidikan dituntut untuk menyelaraskan dan turut serta dalam mengembangkan iptek di lingkup kajiannya. Pengembangan iptek di lingkungan kampus ditandai dengan pengembangan kurikulum yang rutin dilakukan setiap 5 tahunan. Di tahun ini (2017-red) kurikulum yang diterapkan di Departemen Teknik Kelautan ITS (DTK-ITS) masih mengacu pada Kurikulum 2012-2017 dan akan berakhir pada akhir 2017 mendatang. Hal ini kemudian yang melatarbelakangi pembentukan Tim Kurikulum untuk menyiapkan dan menggodok kurikulum baru Periode 2018 – 2023.

1

Rapat Kurikulum DTK

Tim Kurikulum DTK yang terdiri dari Ketua Departemen Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT., Sekretaris Departemen Yoyok Setyo Hadiwidodo, S.T., M.T., Ph.D., Kaprodi S1 Dr.Ir. Hasan Ichwani, MSc., serta dosen DTK Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko MSc., Ph.D., Haryo Dwito Armono, ST., M.Eng., Ph.D.. Dr. Yeyes Mulyadi,ST., MSc., Murdjito, MSc. Eng., dan Agro Wisudawan, ST., MT. kemarin (9/8) mengadakan rapat lanjutan untuk penyempurnaan kurikulum 2018 – 2013.

Salah satu bahasan yang dikaji pada rapat tersebut adalah relevansi mata kuliah sekarang dengan perubahan isu yang terjadi di dunia kerja, apakah masih relevan atau perlu dlakukan revisi mengikuti perkembangan iptek dunia kelautan akhir-akhir ini.

Dalam rapat tersebut juga dilakukan serah terima Buku Subsea Engineering Handbook karangan Yong Bai dan Qiang Bai yang merupakan sumbangan dari Ir. Vincentius Rumawas, MSc., Ph.D., dosen DTK yang sedang dalam tugas belajar di NTNU, Norwegia. Ketua Departemen DTK berharap dengan sumbangan buku tersebut dapat mendukung pengembangan kurikulum baru DTK.

2_1

Serah Terima Buku Subsea Engineering Handbook, Sumbangan dari Ir. Vincentius Rumawas, MSc., Ph.D.

Yudisium Departemen Teknik Kelautan ’20 Mahasiswa DTK Mendapat Gelar Cumlaude’

Surabaya (8/8) – Sebanyak 106 calon wisudawan Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS periode Wisuda 116 September 2017 mengikuti yudisium di Kampus DTK-ITS Surabaya. Peserta yudisium dikukuhkan oleh Ketua Departemen Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. dan didampingi Kaprodi Dr.Ir. Hasan Ichwani, MSc. Penyelenggaraan yudisium ini merupakan hasil dari Rapat KPF (Komisi Pertimbangan Fakultas) pada tanggal 1 Agustus 2017 yang ditindaklanjuti dengan Rapat Jurusan pada 8 Agustus lalu.

1

Calon Wisudawan DTK Periode Wisuda 116 September 2017

Berdasarkan keputusan DTK, dari 106 calon wisudawan, 20 diantaranya mendaparkan gelar ‘Dengan Pujian’ (Cumlaude), 80 wisudawan ‘Sangat Memuaskan’ dan sisanya bergelar “Memuaskan’. Berikut nama-nama 20 calon widudawan yang mendapatkan gelar Cumlaude.

No NRP Nama
1 4313100025 IVANDITO HERDAYANDITYA
2 4313100067 ASFARUR RIDLWAN
3 4313100082 DIMAS MAULANA R
4 4313100117 ASNI YUSMA HADIWIANATA
5 4313100138 RISKIYA RAHMAWATI
6 4313100032 IRZA YANUAR ISHAQ
7 4313100137 MOCHAMMAD ARIF HIDAYATULLAH
8 4313100028 YUDA ARIFIANTO
9 4313100009 IBNU FASYIN FUADI
10 4313100075 WAHYU ANGGI PRATAMA
11 4313100029 YUSNIA PUSPITA DEWI
12 4313100148 TOMMY SAPUTRA
13 4313100048 ALFAN BAGUS WIN HARTONO
14 4313100017 ASTRID FITRIA FEBRYANTI PRAMONO
15 4313100064 MUCHAMMAD FARIS FATULULLOH
16 4313100055 DIAN FIDDINI MAHANANI
17 4313100096 GIRANG SETYO MARINDA
18 4313100044 DICKY RIZKI FIRMANSYAH
19 4313100071 YOSSY KURNIA S
20 4313100081 KRISYTHA PRAWESTI SETIARINI
3

Suasana pembacaan yudisium oleh Kadep dan Kaprodi DTK

4

Suasana pembacaan yudisium oleh Kadep dan Kaprodi DTK

Acara yudisium kemudian ditutup dengan pembekalan komprehensif sebagai bekal dan sikap calon wisudawan dalam berkiprah pasca kuliah. Pembekalan diisi oleh Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D., Drs. Mahmud Musta’in, M.Sc., Ph.D., Dr.Ir. Hasan Ichwani, MSc., Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. dan Herman Pratikno, ST.,MT., Ph.D. Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Ketua Departemen, Sekretaris Departemen, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi S1, Guru Besar dan Kepala Laboratorium DTK.

2

Pembekalan oleh Kadep DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT.

5

Pembekalan oleh Guru Besar DTK, Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D.

6

Pembekalan oleh Drs. Mahmud Musta’in, M.Sc., Ph.D.

7

Pembekalan oleh Guru Besar DTK, Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko, M.Sc., Ph.D.

8

Pembekalan oleh Kaprodi DTK, Dr.Ir. Hasan Ichwani, MSc.

 

Update : Pembangunan Gazebo Departemen Teknik Kelautan

Pembangunan dua gazabo Departemen Teknik Kelautan atas bantuan dari alumni terlihat hampir selesai di akhir Bulan Juli ini. Tahapan pembangunan sudah mencapai rangka utama dan atap. Saat ini sedang dalam proses pemasangan lantai dan finishing.

2-b135

Pembangunan atap gazebo DTK

3-a494

Kerangka atap gazebo DTK

4-4e9c

Gazebo dengan atap dan lantai yang telah terpasang

5-df88

Menunggu pemasangan lantai gazebo

Training Pemodelan Sedimen dengan Menggunakan Software Delft3D

Training ini merupakan salah satu hasil kerjasama antara Departemen Kelautan ITS dengan the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education (Nuffic) yang diselenggarakan pada tanggal 3 – 7 Juli 2017 bertempatkan di Lombok, Nusa Tenggara barat. Topik yang dibahas dalam training ini adalah pemodelan sedimen dengan simulasi Delft3D. Delft3D merupakan software open source pemodelan bidang 3 dimensi untuk meneliti tentang perilaku hidrodinamis, transport sedimen, dan kualitas air pada lingkungan pantai.

1

Peserta Training Delft3D Sediment Modeling, Lombok

Departemen Teknik Kelautan ITS mendelegasikan 7 perwakilan untuk mengikuti training ini yang terdiri dari 5 tenaga dosen : Sujantoko, ST., MT., Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D., Suntoyo, ST., M.Eng., Ph.D., Drs. Mahmud Mustain, M.Sc., Ph.D.,  dan Agro Wisudawan, ST., MT. serta 2 mahasiswa pascasarjana yang mengambil bidang Teknik dan Manajemen Pantai : Haris Fatah, ST dan Winda Amalia H, ST.

Temu Alumni Teknik Kelautan 1986

Kegiatan temu alumni ini diadakan pada Rabu, 24 Mei 2017 bertempatkan di Ruang Sidang Departemen Teknik Kelautann. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Alumni Departemen Teknik Kelautan angkatan 1986. Agenda yang dibahas dalam pertemuan ini adalah seputar perkembangan departemen hingga saat ini. Angkatan 1986 melalui perwakilannya berkomitmen untuk berpartisipasi dalam membangun Departemen Teknik kelautan. Dalam pertemuan ini Angkatan 1986 memberikan donasi sejumlah 42 juta rupiah kepada Departemen Teknik Kelautan untuk pembuatan taman.

Temu Alumni Departemen Teknik Kelautan Angkatan 1986

Temu Alumni Departemen Teknik Kelautan Angkatan 1986

 

Penyerahan Donasi dari Alumni Angkatan 1986

Penyerahan Donasi dari Alumni Angkatan 1986

 

Penyerahan Kenang-kenangan dari Departemen Teknik Kelautan

Penyerahan Kenang-kenangan dari Departemen Teknik Kelautan

Mahasiswi Kelautan Rebut Juara 2 Kompetisi Futsal Terbesar Se-ITS

des8

Mahasiswi Departemen Teknik Kelautan buktikan bahwa mereka tidak hanya unggul di bidang akademik saja, melainkan mampu menyabet gelar Juara 2 di kompetisi yang biasanya digandrungi oleh kaum adam, futsal. Kompetisi futsal ini merupakan laga kompetisi futsal terbesar di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang biasa dikenal dengan ITS Futsal Championship (IFC). Laga final putri ITS Futsal Championship 2017 diselenggarakan pada 12 Mei 2017, bertempatkan di Lapangan Indoor Pertamina, ITS antara Departemen Teknik Kelautan melawan Departemen Kimia. Dalam pertandingan tersebut Departemen Kimia berhasil menyabet jawara final putri IFC 2017, sedangkan Departemen Teknik Kelautan menjadi runner-up.

Pemain Futsal Putri Departemen Teknik Kelautan bersama dengan Dekan FTK dan Petinggi Departemen

Pemain Futsal Putri Departemen Teknik Kelautan bersama dengan Dekan FTK dan Petinggi Departemen