Bahasa Indonesia

English

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

Departemen Teknik Kelautan (DTK) yang bekerjasama dengan the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education (NUFFIC) kembali menerima 6 mahasiswa HZ University asal Belanda untuk melakukan penelitian di DTK Read More

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

ITS, Coral Triangle Initiative (CTI) dan Universiti Malaysia Trengganu (UMT) menyelenggarakan penandatanganan MoU yang meresmikan kerjasamanya di antara ketiganya. Read More

[Pengumuman] ITS IO Buka Kesempatan untuk Mengikuti Student Exchange Program

[Pengumuman] ITS IO Buka Kesempatan untuk Mengikuti Student Exchange Program

Institut Teknologi Sepuluh Nopember melalui ITS International Office (ITS IO) mengumumkan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti Student Exchange Program di universitas luar negeri. Adapun universitas tujuan dari program Student Exchange Program ini terdiri dari Providence University (Taiwan), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), University Malaysia Pahang (UMP), Anadolu University (Turkey). Read More

DTK-Nuffic Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

DTK-Nuffic Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

Surabaya (6/11) – DTK bersama dengan NUFFIC menggelar diskusi mengenai kesetaraan gender dengan bahasan “Introduction of Gender Equality for Integrated Coastal Zone Management Project”. Read More

 

Category Archives: Berita

Pembina ITS Maritime Challenge Kunjungi ALBALOLA Itsas Kultur Faktoria di Spanyol

Spanyol (24/11) – Pembina ITS Maritime Challenge yang juga merupakan salah satu dosen DTK, Prof. Ir. Daniel M. Rosyid, Ph.D. melakukan kunjungan selama satu pekan (17-25/11) bersama dengan  Onggo F. Nichita, ST (alumni Dept. Sistem Perkapalan ITS) dari PT. Tunas Maritim Global, dalam ALBAOLA Itsas Kultur Faktoria yang diselenggarakan di Pasaia San Pedro, San Sebastian, the Basques Country, Spanyol.

Prof. Ir. Daniel M. Rosyid, Ph.D. memberikan pemaparan di ALBALOLA Itsas Kultur Faktoria, Spanyol

Prof. Ir. Daniel M. Rosyid, Ph.D. bersama dengan Onggo F. Nichita, ST mengikuti ALBALOLA Itsas Kultur Faktoria di Spanyol

Prof. Ir. Daniel M. Rosyid, Ph.D. mengatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan wujud dari rencana lama yang beliau harapkan selama 7 tahun silam, saat bertemu dengan Robert Lancelott Lee, founder dari the Atlantic Challenge dan Xavier Agote di Midland, Kanada dalam acara Atlantic Challenge 2010. Sebagai pembina ITS Maritime Challenge yang sudah aktif berpartisipasi sejak Atlantic Challenge pada 2002 di Rockland, Mine, USA, beliau berkeyakinan bahwa pendidikan teknik yang baik adalah pendidikan yang sekaligus membentuk karakater mahasiswa. “Diperlukan keterlibatan bengkel untuk mengembangkan makership mahasiswa dalam membuat artefak teknik yang berguna bagi masyarakat, seperti pembuatan perahu kayu (wooden boat). Perguruan tinggi teknik harus menjadi makerspace di mana karya-karya artefak teknik dirancang dan diproduks,i walau dalam skala bengkel”, imbuhnya.

Prof. Ir. Daniel M. Rosyid memberikan pemaparan di ALBALOLA Itsas Kultur Faktoria, Spanyol

 

Perahu Kayu Pemburu Ikan Paus : San Juan

Xavier Agote adalah seorang pemrakarsa, pengarah dan pengelola ALBAOLA Itsas Kultur Faktoria sejak beberapa tahun silam. UNESCO telah memberikan kepercayaan kepada ALBAOLA untuk membangun replika penuh dari San Juan, sebuah perahu kayu pemburu ikan paus yg dibangun di daerah Basques pada 1560an. Perahu tersebut pernah digunakan untuk berlayar melintasi Atlantik hingga Newfoundland, Kanada, sampai akhirnya tenggelam di perairan Red Bay, Labrador. Reruntuhan San Juan diakui oleh UNESCO sebagai underwater heritage yang cukup penting. Kepercayaan UNESCO ini diberikan kepada ALBAOLA sebagai pusat pengembangan budaya maritim kelas dunia yang mendidik pemudanya dengan berbagai ketrampilan kemaritiman, seperti boat building, rowing dan sailing.

Proses pembangunan kapal kayu

 

Interaksi Nusantara dengan Bangsa Basques Dalam Sejarah

Sejarah menyebutkan bahwa Nusantara dan bangsa Basques telah berinteraksi sejak abad 15 melalui ekspedisi Magelhaens ke Maluku guna mencari rempah-rempah, namun yang ditemukan oleh Magelhaens hanyalah Filipina. Ekspedisi tersebut kemudian dilanjutkan oleh Juan Sebastian Elcano dan Andreas Udarnetta yang pada akhirnya menemukan Ternate dan Tidore untuk memperdagangkan rempah-rempah. Disebutkan dalam sejarah bahwa salah salah satu raja Ternate atau Tidore mampu berbicara dengan fasih dalam bahasa Basque. Udarnetta yang tinggal di Maluku selama 7 tahun bahkan sempat menikahi perempuan Tidore atau Ternate dan dikaruniai seorang anak perempuan yg kemudian dibawa ke Basque.

 

ITS dan ALBALOLA

ITS telah dipercaya oleh ALBAOLA untuk melakukan penelitian awal keberadaan kapal layar Trinidad  yang dipimpin oleh Udarnetta yang tenggelam di perairan Ternate-Tidore pada akhir abad 15M. Rencana berikutnya adalah merekonstruksi dan membangun kembali replika penuh Trinidad di Indonesia dan kapal Majapahit.

Selain itu, ITS dan PT. Tunas Maritim Global diberi kesempatan untuk mengirimkan mahasiswa ke ALBAOLA untuk dididik dan dilatih sebagai wooden boatbuilder selama 3 tahun dengan pola apprenticeship, serta menjadi mitra kerja dalam perancangan dan pembangunan kapal-kapal kayu berkualitas tinggi untuk pasar Indonesia dan Eropa. ITS dan PT. Tunas Maritim Global juga akan mempersiapkan rancangan dan pembangunan kapal layar untuk digunakan dalam operasi pelayaran internasional yang digunakan untuk mengangkut produk-produk bernilai tinggi dalam rangka mempromosikan fair and green trade.

Jawa Timur dan ITS diundang untuk berpartisipasi dalam Festival Maritim San Sebastian 2018 dengan menyajikan tarian dan lagu-lagu daerah bertema pesisir. Tahun 2020 Jatim diundang sebagai Guest of Honour dalam Festival dua tahunan tersebut dengan juga menyajikan perahu-perahu tradisional buatan pengrajin perahu di Jawa Timur.

 

Sumber : Tulisan Prof. Ir. Daniel M. Rosyid, Ph.D. dengan judul “Hasil Kunjungan ke ALBAOLA Itsas Kultur Faktoria yang diselenggarakan di Pasaia San Pedro, San Sebastian, the Basques Country, Spain“.

Kultam Bulanan : Pengenalan Manajemen Galangan untuk Mahasiswa DTK

Surabaya, (17/11) – Dalam rangka mengenalkan mahasiswa tentang manajemen galangan, DTK kembali menggelar kuliah tamu yang rutin diselenggarakan tiap bulan. Bulan ini DTK mengundang Direktur PT. Krakatau Shipyard, Ir Tjahyono Roesdianto yang juga merupakan alumni DTK angkatan kedua.

Peserta kuliah tamu “Manajemen Galangan”

Kegiatan yang digelar di Gedung BG. Munaf, FTK-ITS bertujuan guna mengenalkan mahasiswa DTK pada manajemen galangan yang menjadi salah satu bagian dari konsentrasi bidang yang dipelajari di DTK. Materi dibuka dengan pemaparan megatrend di industri galangan kapal, antara lain : meningkatnya permintaan kapal yang berbasis clean/new-energy, meningkatnya permintaan kapal pesiar untuk rekreasi, ekspansi perniagaan bebas sehingga meningkatkan kebutuhan akan transportasi laut, permintaan pengembangan sumber daya alam lepas pantai dan revolusi teknologi canggih pada bidang IT dan robot.

Lima faktor keberhasilan dari Galangan Kapal menurut Tjahyono terletak pada Perbaikan kapal dan pemeliharaannya, Pembangunan kapal, Fasilitas daur ulang kapal dan Fasilitas lepas pantai.

Ia juga menjelaskan peran strategis pengembangan industri galangan kapal serta strategi daya saingnya di beberapa negara maju. Selain itu, Tjahyono juga memaparkan risiko bisnis galangan kapal dan bagaimana mengidentifikasi risikonya, sehingga dari analisis tersebut dapat dihasilkan manajemen mitigasi risikonya.

Di akhir pemaparan, Tjahyono memberikan pencerahan kepada mahasiswa saat memasuki masa pasca kelulusan nantinya, seperti, kompetensi apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja dan pemberian motivasi.

DTK-Nuffic Gelar Diskusi Kesetaraan Gender

Surabaya (6/11) –  DTK bersama dengan NUFFIC menggelar diskusi mengenai kesetaraan gender dengan bahasan “Introduction of Gender Equality for Integrated Coastal Zone Management Project”. Kegiatan ini mendatangkan Ir. Liliane Geerling, R.TD dari HZ University of Applied Sciences-Delta Academi, Belanda, sebagai pembicara dan pemandu diskusi.

Peserta Diskusi Kesetaraan Gender Sesi-1

Diskusi dibuka oleh Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo P., dan dilanjutkan dengan pemaparan materi kesetaraan gender oleh Liliane. Gender menurut Liliane merupakan perbedaan dan fungsi peran sosial yang dikonstruksikan oleh masyarakat, serta hak dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan (masculine and feminine), bukan sebagai perbedaan jenis kelamin laki-laki dan perempuan secara biologis (male and female). Liliana juga memberikan contoh kondisi kesetaraan gender yang ada di lingkungan DTK. Berdasarkan risetnya, DTK masih perlu meningkatkan peran kesetaraan gender di lingkungan kampus.

Kegiatan diskusi ini diadakan dalam 2 sesi, sesi pertama mengundang seluruh dosen DTK, kemudian sesi kedua dikhususkan untuk kalangan wanita di sekitar kampus ITS. Dalam diskusi sesi pertama, turut hadir serta Dekan FTK-ITS, Prof. Ir.Daniel M.Rosyid,Ph.D. Beliau juga menjelaskan bahwa isu kesetaraan gender telah diterapkan dengan cukup baik oleh masyarakat pesisir.

Suasana diskusi kesetaraan gender sesi-1

Suasana diskusi kesetaraan gender sesi-1

Wakil Dekan FTK, Sutopo Purwono Fitri, ST., M.Eng., Ph.D. juga turut hadir dalam diskusi kesetaraan gender

Peserta diskusi kesetaraan gender sesi-2

Suasana diskusi kesetaraan gender sesi-2

Diskusi kesetaraan gender dengan mahasiswa

Mahasiswa DTK Raih Gelar 1st Runner Up di Kompetisi Desain Oil Rig Internasional

Kuala Lumpur, (2/11) – Mahasiswa DTK ITS kembali menorehkan prestasinya di ajang internasional. Kali ini Tim dari ITS yang terdiri dari 3 mahasiswa Departemen Teknik Kelautan (Galura Wirautama, Rizqi Widya Ananta dan Fikri Imanudin), 1 mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan dan 1 mahasiswa Departemen Teknik Kimia memenangkan kompetesi desain oil rig “SPE Student Chapter Malaysia Oil and Gas Convention 2017 (SMOGC 2017)” dengan merebut gelar 1st Runner Up. SMOGC 2017 yang dihelat pada 1-2 November ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh SPE Student Chapter. Kegiatan ini terdiri dari kompetisi, pameran, forum dan konferensi internasional yang mengangkat isu tentang industri minyak dan gas.

Oil Rig Design Competition, SMOGC 2017

Kompetisi desain oil rig yang diikuti oleh Tim ITS adalah mendesain dan membuat model oil rig dalam bentuk semisubmersible. Peserta dituntut untuk mengaplikasikan pengetahuan terbaru tentang teknologi bangunan lepas pantai yang dipadu dengan kreativitas antar tim untuk menciptakan inovasi dalam menjawab tantangan di bidang eksplorasi dan produksi migas. Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Enhance eco-friendly facility on rig to face tremendous environment while maximizing production line.” Terdapat 7 kriteria yang menjadi penilaian oleh juri : buoyancy test, wave test, load test on the ground, creativity and modelling ability, details of the model, innovative and savety features dan multimedia presentation.

Tim ITS dengan “Ganapatih”nya bertanding melawan 3 tim lainnya yang berasal dari STEM Akamigas Cepu, Politeknik Brunei, serta Universitas Indonesia dan keluar sebagai juara 2 di ajang bergengsi tersebut.

Tim ITS raih 1st Runner Up kompetisi desain oil rig di SMOGC 2017

Kuliah Tamu : “Hukum Untuk Sarjana Teknik”

Jum’at (20/10) – Departemen Teknik Kelautan-FTK ITS hadirkan Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Dr. Suarnaya Sidemen untuk memberikan kuliah tamu Kampus DTK. Kuliah tamu ini merupakan program rutin bulanan dari DTK. Materi yang diangkat dalam kuliah tamu ini adalah “Ilmu Hukum Untuk Sarjana Teknik”, harapannya selain mahasiswa belajar tentang ilmu perteknikan, juga mengetahui tentang ilmu hukum yang nantinya, ketika memasuki dunia kerja akan cukup penting. Kuliah tamu yang diadakan di Ruangan BG. Munaf ini dimulai dari pukul 13.00 – 16.00 WIB.

 

Kasubdit Keteknikan dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM Dr. Suarnaya Sidemen saat memberikan materi kuliah tamu

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Suasana Kuliah Tamu : Hukum untuk Sarjana Teknik

Sesi tanya jawab

Foto bersama, dari kiri ke kanan : Ketua DTK Dr. Rudi Waluyo, Pemateri Dr. Suarnaya Sidemen Sekretaris DTK Yoyok Setyo, Ph.D, Wakil Kaprodi DTKHerman, Ph.D

DTK Adakan Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Surabaya, (13/10) – Departemen Teknik Kelautan (DTK) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penelitian dan pengabdian masyarakat (Abdimas) tahun 2017 yang bertempat di ruang Ketua DTK, Gedung WA, Kampus ITS.

Kegiatan Abdimas : DTK Gelar Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Siswa SMA/SMK di Lamongan

Dalam rangka mensosialisasikan bidang kelautan kepada generasi muda yang menjadi ujung tombak peradaban dunia kelautan di masa yang akan datang, DTK menggelar workshop untuk siswa SMA / SMK di Lamongan pada Kamis (12/10). Lamongan dipilih sebagai tujuan workshop karena daerah ini berada pada jalur pantai utara sehingga lamongan memiliki potensi sumber daya alam berupa hasil laut yang jumlahnya tidak terbatas. Kondisi alam ini memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat pesisir untuk bekerja di sektor perikanan dengan 23.186 nelayan aktif. Mata pencaharian di sektor perikanan tersebut telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Untuk menjaga keberlanjutan warisan tersebut kepada generasi muda, maka DTK menggelar workshop untuk mengenalkan bidang kelautan dan membangkitkan minat kepada siswa SMA / SMK di Lamongan.

Kegiatan Abdimas : DTK Restorasi Terumbu Karang Buatan di Pantai Pasir Putih Situbondo

Kondisi jumlah terumbu karang yang terus berkurang di daerah Pantai Pasir Putih di Situbondo akibat maraknya pencurian terumbu karang membuat DTK tergerak untuk merestorasi keadaan sekitar dengan terumbu karang buatan. DTK melaui kegiatan abdimas dengan dana mandiri dari departemen menggelar restorasi terumbu karang buatan di daerah Dermaga I, Pantai Pasir Putih Situbondo pada Sabtu (7/10). Kegiatan abdimas ini diketuai oleh Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D dan dibantu dengan timnya yang merupakan juga merupakan dosen DTK Dirta Marina Chamelia, MT. Yoyok berharap dengan adanya terumbu karang buatan ini dapat menggantikan peran terumbu karang asli yang dieksploitasi oleh manusia.

Kegiatan Abdi Masyarakat : Pelatihan Pengelasan Tingkat lanjut Untuk Warga Sekitar Kampus

Jumat, 7 Oktober 2017 – Setelah mengadakan Pelatihan Ketrampilan Pengelasan Tingkat Dasar untuk keluarga pra-sejahtera di sekitar kampus ITS pada Selasa (3/10) lalu, DTK kembali melanjutkan pelatihan untuk tingkat lanjutan dengan materi teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F. Teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F merupakan teknik dasar yang sering digunakan untuk pengelasan sederhana, 2G adalah teknik pengelasan horizontal pada sambungan biasa sedangkan 2F pada sambungan T (fillet).

DTK ITS Undang ITB dan UnHas untuk Bahas Capaian Pembelajaran Lulusan Departemen Teknik Kelautan Se-Indonesia

Surabaya (5/10) – Dalam rangka menyiapkan pergantian kurikulum baru periode 2018 – 2023, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS telah beberapa kali menyelenggarakan serangkaian rapat kurikulum sejak bulan Agustus lalu hingga saat ini, termasuk kegiatan Lokakarya Kurikulum 2018 – 2023 yang diadakan pada bulan September 2017 di Tretes selama 3 hari. Kemudian pada Kamis (5/10) rapat kurikulum telah diadakan untuk mengkaji Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Teknik Kelautan se-Indonesia.