Bahasa Indonesia

English

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

DTK kembali menjadi tempat rujukan penelitian bagi mahasiswa luar negeri

Departemen Teknik Kelautan (DTK) yang bekerjasama dengan the Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education (NUFFIC) kembali menerima 6 mahasiswa HZ University asal Belanda untuk melakukan penelitian di DTK Read More

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

Dosen DTK Inisiasi Kerjasama ITS-UMT

ITS, Coral Triangle Initiative (CTI) dan Universiti Malaysia Trengganu (UMT) menyelenggarakan penandatanganan MoU yang meresmikan kerjasamanya di antara ketiganya. Read More

Student Exchange Program

Student Exchange Program

Bagi mahasiswa DTK yang berminat mengikuti program pertukaran pelajar, berikut merupakan tangal-tanggal penting yang tidak boleh dilewatkan. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi sekretariat ITS International Office Read More

Artikel : Gelombang laut  | Oleh : Wimala L. Dhanista, ST., MT*

Artikel : Gelombang laut | Oleh : Wimala L. Dhanista, ST., MT*

Gelombang adalah pergerakan naik dan turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk kurva/grafik sinusoidal. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan, menyebabkan riak-riak, alun/bukit, dan berubah menjadi apa yang kita sebut sebagai gelombang Read More

 

Category Archives: Berita

DTK Adakan Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Surabaya, (13/10) – Departemen Teknik Kelautan (DTK) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) penelitian dan pengabdian masyarakat (Abdimas) tahun 2017 yang bertempat di ruang Ketua DTK, Gedung WA, Kampus ITS.

Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Ketua DTK ITS Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari proses monitoring pelaksanaan kegiatan penelitian setiap tahunnya. Tahapan monev terdiri dari Monev Internal dengan review internal, Monev Internal dengan reviewer eksternal dan Monev Eksternal dengan reviewer eksternal yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Monev bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penelitiannya dari semua aspek penelitian, mulai dari jangkauan penelitian, luaran yang dihasilkan dan anggaran yang sudah dipergunakan dalam penelitian.

Tahun ini terdapat 5 Tim dosen dari DTK yang penelitian dan abdimasnya mendapatkan dana dari departemen. Kelima tim dan judul kegiatannya dapat dilihat pada tabel berikut :

Judul Keliatan Nama Ketua Departemen Nama SKIM
Pelatihan Pembuatan Underwater Robot (ROV) untuk Siswa SMA di Jawa Timur Wimala lalitya Dhanistha, ST., MT. Teknik Kelautan Abdimas Dana Departemen
Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Generasi Muda dalam Rangka Pengenalan Bidang dan Membangkitkan Minat di Siswa SMA/SMK Sujantoko, ST., MT. Teknik Kelautan Abdimas Dana Departemen
Restorasi Terumbu Karang Buatan di Daerah Dermaga I Pasir Putih Situbondo Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D. Teknik Kelautan Abdimas Dana Departemen
Pengembangan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja Departemen Teknik kelautan-ITS Dirta Marina Chamelia, ST., MT. Teknik Kelautan Abdimas Dana Departemen
Workshop Penguatan Peran Masyarakat Pesisir di Lamongan dalam Rangka Peningkatan Perannya Mendukung Implementasi SIDa di Wilayahnya Murdjito, MSc. Teknik Kelautan Abdimas Dana Departemen

 

Monev yang dilakukan pada Jum’at (13/10) ini adalah Monev Internal dengan Prof. Mukhtasor dan Suntoyo, Ph.D sebagai reviewer internalnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Yoyok Setyo, Ph.D., Dirta Marina Chamelia, MT., Wimala lalitya Dhanistha, MT., Murdjito, M.Sc., Nur Syahroni, Ph.D., Dr. Wahyudi, Agro Wisudawan, MT. dan juga Ketua DTK Dr. Eng. Rudi Walujo.

Suasana Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Monev Penelitian dan Abdimas Dana Departemen Tahun 2017

Kegiatan Abdimas : DTK Gelar Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Siswa SMA/SMK di Lamongan

Dalam rangka mensosialisasikan bidang kelautan kepada generasi muda yang menjadi ujung tombak peradaban dunia kelautan di masa yang akan datang, DTK menggelar workshop untuk siswa SMA / SMK di Lamongan pada Kamis (12/10). Lamongan dipilih sebagai tujuan workshop karena daerah ini berada pada jalur pantai utara sehingga lamongan memiliki potensi sumber daya alam berupa hasil laut yang jumlahnya tidak terbatas. Kondisi alam ini memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat pesisir untuk bekerja di sektor perikanan dengan 23.186 nelayan aktif. Mata pencaharian di sektor perikanan tersebut telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Untuk menjaga keberlanjutan warisan tersebut kepada generasi muda, maka DTK menggelar workshop untuk mengenalkan bidang kelautan dan membangkitkan minat kepada siswa SMA / SMK di Lamongan.

Workshop Sosialisasi Pengenalan Bidang Kelautan untuk Siswa SMA/SMK di Lamongan

Workshop tersebut diinisiasi dan diketuai oleh dosen DTK Murdjito, M.Sc sebagai kegiatan abdimas dengan dana dari departemen. Kegiatan ini dapat terlaksana denga baik berkat kerjasama dengan Pemerintah Daerah Lamongan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Peserta yang mengikuti workshop ini adalah siswa SMA dan SMK di Lamongan, di antaranya adalah SMK Negeri 2 Lamongan, SMK Perkapalan Sunan Drajat Paciran, dan SMK Muhammadiyah Kedung Pring Lamongan yang memiliki prodi Pelayaran.

Suasana Workshop Sosialisasi Pengenalan Bidang Kelautan untuk Siswa SMA/SMK di Lamongan

Kegiatan Abdimas : DTK Restorasi Terumbu Karang Buatan di Pantai Pasir Putih Situbondo

Kondisi jumlah terumbu karang yang terus berkurang di daerah Pantai Pasir Putih di Situbondo akibat maraknya pencurian terumbu karang membuat DTK tergerak untuk merestorasi keadaan sekitar dengan terumbu karang buatan. DTK melaui kegiatan abdimas dengan dana mandiri dari departemen menggelar restorasi terumbu karang buatan di daerah Dermaga I, Pantai Pasir Putih Situbondo pada Sabtu (7/10). Kegiatan abdimas ini diketuai oleh Yoyok Setyo Hadiwidodo, Ph.D dan dibantu dengan timnya yang merupakan juga merupakan dosen DTK Dirta Marina Chamelia, MT. Yoyok berharap dengan adanya terumbu karang buatan ini dapat menggantikan peran terumbu karang asli yang dieksploitasi oleh manusia.

Persiapan pemasangan terumbu karang di Pantai Pasir Putih, Situbondo

Proses pemasangan terumbu karang buatan

Terumbu karang yang akan dipasang di Pantai Pasir Putih, Situbondo

Terumbu karang buatan yang sudah terpasang

Kegiatan Abdimas Restorasi Terumbu Karang Buatan di Pantai Pasir Putih Situbondo

Kegiatan Abdi Masyarakat : Pelatihan Pengelasan Tingkat lanjut Untuk Warga Sekitar Kampus

Jumat, 7 Oktober 2017 – Setelah mengadakan Pelatihan Ketrampilan Pengelasan Tingkat Dasar untuk keluarga pra-sejahtera di sekitar kampus ITS pada Selasa (3/10) lalu, DTK kembali melanjutkan pelatihan untuk tingkat lanjutan dengan materi teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F. Teknik pengelasan SMAW 2G dan 2F merupakan teknik dasar yang sering digunakan untuk pengelasan sederhana, 2G adalah teknik pengelasan horizontal pada sambungan biasa sedangkan 2F pada sambungan T (fillet).

Foto bersama peserta pelatihan pengelasan

Pelatihan Ketrampilan Pengelasan Tingkat Lanjutan ini merupakan salah satu kegiatan abdimas yang diketuai oleh dosen DTK, Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D., dengan anggota timnya yang merupakan teknisi lab Struktur, Material dan produksi (SMP), Slamet Widodo, Mudjiono, Nur Khafidhoni dan Arif.

Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan oleh ketua tim, Nur Syahroni dan dibuka oleh Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian teori dasar-dasar teknik pengelasan SMAW tipe 2G dan 2F dan dilanjutkan dengan praktik mengelas di Lab SMP. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari dari 6 – 8 Oktober 2017.

Sambutan oleh Ketua Tim Abdimas, Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D.

Sambutan oleh Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT.

Kegiatan Abdimas dibuka oleh Ketua DTK

Teknisi Lab. Struktur, Material dan produksi, Mudjianto mensimulasikan teknik pengelasan SMAW

Suasana pelatihan pengelasan tingkat lanjut

Suasana pelatihan pengelasan tingkat lanjut

Proses grinding material yang telah dilas

 

DTK ITS Undang ITB dan UnHas untuk Bahas Capaian Pembelajaran Lulusan Departemen Teknik Kelautan Se-Indonesia

Surabaya (5/10) – Dalam rangka menyiapkan pergantian kurikulum baru periode 2018 – 2023, Departemen Teknik Kelautan (DTK) ITS telah beberapa kali menyelenggarakan serangkaian rapat kurikulum sejak bulan Agustus lalu hingga saat ini, termasuk kegiatan Lokakarya Kurikulum 2018 – 2023 yang diadakan pada bulan September 2017 di Tretes selama 3 hari. Kemudian pada Kamis (5/10) rapat kurikulum telah diadakan untuk mengkaji Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Teknik Kelautan se-Indonesia.

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Kali ini DTK ITS tidak sendirian dalam menetapkan CPL untuk bidang Teknik kelautan se-Indonesia. DTK ITS turut mengundang perwakilan Departemen Teknik Kelautan yang ada di Indonesia : DTK Institut Teknologi Bandung (ITB) dan DTK Universitas Hasanuddin, Makassar (UnHas) untuk merumuskan CPL yang akan menjadi acuan Kurikulum Departemen Teknik kelautan se Indonesia.

Perwakilan dari UnHas yang turut hadir dalam rapat ini adalah Dr. Taufiqur Rahman selaku Kepala Departemen Teknik Kelautan UnHas dan Dr.Eng. Achmad Yasir Baeda, yang merupakan staff dari Wakil Rektor I bidang akademik. DTK UnHas sebelumnya adalah prodi dari Departemen Teknik Perkapalan UnHas yang baru berdiri sendiri sebagai departemen pada Agustus 2017.

Namun disayangkan perwakilan dari ITB tidak dapat hadir untuk ikut serta dalam merumuskan CPL bidang Teknik Kelautan. Dari pihak ITS sebagai tuan rumah dihadiri oleh Ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT.. Kaprodi S1, Ir. Hasan Ikhwani, M.Sc., Ph.D., Sekprodi S1, Herman Pratikno, S.T., M.T., Ph.D, Ketua Tim Kurikulum, Prof. Ir. Eko Budi Djatmiko, M.Sc., Ph.D. beserta dengan timnya Suntoyo, S.T., M.Eng., Ph.D. dan R. Haryo Dwito A., S.T., M.Eng., Ph.D.

Berdasarkan hasil rapat tersebut disepakati CPL Departemen Teknik Kelautan untuk jenjang Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3). Selanjutnya CPL tersebut akan dikirimkan ke Dikti untuk ditetapkan sebagai CPL Nasional di Bidang Teknik Kelautan. Ketua DTK, Rudi Walujo mengatakan, “Rapat ini bisa menjadi momentum membuat kolaborasi yang lebih intens ke depannya sebagai sebuah konsorsium nasional prodi Bidang Teknik Kelautan”.

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Suasana Rapat Kurikulum Penentuan CPL dengan UnHas

Foto Bersama Pihak DTK ITS dengan Pihak UnHas

Kegiatan Abdi Masyarakat : DTK Gelar FGD Persiapan Workshop di Lamongan

Lamongan (3/10) – Bertepatan dengan kegiatan abdimas pelatihan ketrampilan pengelasan, DTK juga menggelar Forum Group Discussion (FGD) di Lamongan. Kegiatan abdimas ini merupakan kelanjutan dari workshop yang diadakan pada 19/9 di Lamongan. FGD ini diadakan sebagai persiapan kegiatan Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Generasi Muda Lamongan yang rencananya akan diadakan di Bulan Oktober ini. Workshop ini direncanakan sebagai pengenalan bidang dan membangkitkan minat pada siswa SMA/SMK di Lamongan terutama di bidang kelautan.

Kegiatan abdimas ini diketuai oleh dosen DTK, Murdjito, M.Sc. Eng dan dibantu oleh Pemerintah Daerah Lamongan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Kegiatan FGD pra workshop ini turut mengundang Kepala SMK Negeri 2 Lamongan dan Kepala SMK Perkapalan Sunan Drajat Paciran. Selain dari 2 sekolah tersebut, turut hadir dari SMK Muhammadiyah Kedung Pring Lamongan yang memiliki prodi Pelayaran dan Kepala Cabang Diknas Propinsi Jawa Timur di Lamongan

Suasana FGD Persiapan Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Generasi Muda

Suasana FGD Persiapan Workshop Sosialisasi Bidang Kelautan untuk Generasi Muda

Kegiatan Abdi Masyarakat : DTK Ajarkan Ketrampilan Pengelasan Kepada Warga Sekitar Kampus

Kampus DTK (3/10) – Departemen Teknik Kelautan kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat, kali ini berupa pelatihan ketrampilan pengelasan tingkat dasar kepada warga sekitar kampus. Kegiatan ini diketuai oleh dosen DTK, Ir. Handayanu M.Sc. Ph.D. bersama dengan tim yang terdiri dari Nur Syahroni, ST., MT., Ph.D. (dosen DTK) dan 3 teknisi lab : Slamet Widodo, Mudjiono dan Nur Khafidhoni. Peserta pelatihan ini adalah pemuda-pemuda dari keluarga pra-sejahtera di sekitar Kampus ITS. Harapannya dengan diadakan kegiatan ini dapat membekali ketrampilan dalam bidang pengelasan sehingga dapat meningkatkan kondisi ekonomi mereka kedepannya.

Foto bersama peserta pelatihan ketrampilan pengelasan tingkat dasar di Laboratorium Struktur Material dan Produksi

Pelatihan pengelasan yang berlangsung selama 3 hari, mulai 3 – 5 Oktober 2017 ini diadakan di Laboratorium Struktur Material dan Produksi (SMP), DTK dan ruang kelas yang berada di sebelahnya, WA 117.

Kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan oleh Handayanu dan dibuka oleh ketua DTK, Dr. Eng. Rudi Walujo ST., MT. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dasar-dasar pengelasan dan disertai praktek mengelas yang akan dilaksanakan pada esok harinya di Lab SMP . Peserta pelatihan terlihat cukup antusias mengikuti serangkaian kegiatan pelatihan.

Sambutan oleh ketua abdimas pelatihan ketrampilan pengelasan, Ir. Handayanu M.Sc. Ph.D.

Suasana pelatihan ketrampilan pengelasan di DTK

Malam Tasyakuran Wisuda 116 : Angkatan 2009 Berikan Donasi ke DTK

Kamis (14/9) – Menjelang diselenggarakannya wisuda ke 116, DTK menggelar acara malam tasyakuran wisuda 116. Acara tersebut digelar di Taman DTK yang baru selesai dibangun. Acara ini diadakan sebagai bentuk ucapan syukur dari calon wisudawan yang akan di wisuda pada Sabtu (16/9). Adapun calon wisudawan berasal dari berbagai angkatan. Angkatan tertua berasal dari Angkatan 2009, kemudian diikuti oleh angkatan dibawahnya, 2011, 2012 dan yang paling muda adalah Angkatan 2013.

DTK Gandeng Masyarakat Pesisir Lamongan untuk Membangun Industri Maritim Berbasis Mina-Agro-Wisata

Lamongan, 19/9 – Salah satu program DTK yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat adalah Program Pengabdian kepada Masyarakat melalui Dana Departemen Teknik Kelautan ITS. Di tahun 2017 ini, program pengabdian yang dilaksanakan adalah Workshop Penguatan Peran Masyarakat Pesisir di Lamongan dalam Rangka Peningkatan Perannya mendukung Implementasi SIDa. Tema yang diangkat dalam workshop ini adalah Pembangunan Industri Maritim Berbasis Mina-Agro-Wisata dalam Mendukung Kesejahteraan Masyarakat.

Perkaya Pengetahuan di Lapangan DTK kembali adakan Kuliah Tamu dari Technip

Surabaya 15/9 – Untuk menunjang pengetahuan di lapangan, DTK kembali mengadakan kuliah tamu dengan tema “Instalasi Topside Menggunakan Metode Float Over”. Kuliah tamu tersebut mengundang Project Manager Technip, Mochamad Hedianto sebagai pembicaranya. Hedianto juga merupakan alumni dari Departemen Teknik Kelautan ITS angkatan 1983.